Tutorial HyperChem

TUTORIAL HYPERCHEM

  1. Jalankan program ‘HyperChem’ yang kemudian otomatis langsung membuka lembar kerja baru.
  2. Untuk mulai menggambar struktur molekul misal 2-Metil 2-butena dapat dilakukan dengan klik toolbar Drawà klik kiri pada lembar kerja sebanyak lima kali untuk membuat atom karbon.
  3. Hubungkan tiap atom karbon dengan klik kiri drag dari satu atom karbon ke atom karbon lain sesuai ikatan yang terjadi pada 2-Metil 2-butena. Untuk membuat ikatan rangkap, klik kiri dan drag dua kali pada tempat yang sama. Untuk menghapus atom atau ikatan yang salah dapat dilakukan dengan klik kanan objek yang akan dihapus atau klik selectàklik objek yang akan dihapusàdelete.
  4. Untuk membubuhkan atom hydrogen secara otomatis dilakukan dengan klik buildà add hydrogens. Sejumlah atom hydrogen secara otomatis akan mengisi ikatan kosong pada atom karbon sesuai ikatan yang terjadi. Hasil dapat dilihat pada gambar berikut ini.

 hyper

Struktur molekul yang sudah jadi dapat dilihat dari berbagai sudut pandang menggunakan rotate in plane atau rotate out of plane tergantung dari sisi mana kita akan melihatnya. Selain itu penampilan struktur tidak hanya tersedia dalam bentuk ball and cylinder seperti pada contah gambar yang telah ditampilkan, tetapi dapat dilihat juga dengan penampilan lainsesuai pilihan tampilan yang diinginkan, yang tersedia dengan cara klik display renderingpilih tampilan atom yang diinginkan.

hc2

Tidak hanya struktur molekul senyawa karbon yang bisa digambar dengan Hyperchem, senyawa nitrogen dan oksigen juga bisa. Hyperchem juga dapat mengkalkulasikan sudut ikatan yang dapat dilakukan pada pilihan menu compute.