Tutorial Avogadro

Tutorial Software Avogadro

 

  1. Jalalankan program Avogadro. Ketika pertama kali menjalankan program, maka tampilan yang muncul adalah tampilan Draw Tool sebagai tampilan default. Berikut ini merupakan tampilan Draw Tool Avogadro 0.8.1.

avo1

  1. Pilih unsur yang diinginkan dengan klik menu Carbon (6) pada tampilan di atasa atau dapat memilih pilihan unsur lain yang akan menampilkan keseluruhan unsur dalam tabel periodic.
  2. Pilih unsur yang diingankan dan klik kiri pada tampilan berwarna hitam. Jika mencentang pilihan Adjust Hidrogen, maka atom hydrogen akan ditambahakan pada molekul secara otomatis sesuai dengan electron valensinya.
  3. Kesalahan pada bagian atom tertentu dapat dihapus dengan klik kanan pada atom yang akan dihapus. Menghapus atom hydrogen tidak seperti pada saat menambahkan atom hydrogen, tetapi penghapusan atom hydrogen dilakukan satu per satu.
  4. Untuk membuat molekul yang lebih kompleks dilakukan dengan klik kiri molekul yang sudah dibuat, kemudian drag pada lokasi lain yang akan membentuk ikatan dengan molekul yang sudah dibuat. Jenis ikatan dapat dipilih pada menu ‘Bond Order’.
  5. Untuk menyimpan lembar kerja yang telah dibuat klik Flile à Save As, pilih ekstensi yang diinginkan.