Tutorial Chemsketch

Membuat Ikatan Rangkap Menggunakan Chemsketch

  1. membuat ikatan rangkap antara C=C pada etena atau etuna yang mempunyai ikatan rangkap tiga (triple bond). Setelah membuat ikatan tunggal, dengan klik sekali dan seret kemudian lepaskan jadilah struktur CH3-CH3, untuk membuatnya ikatan rangkap tinggal klik sekali pada ikatan antara C-C maka akan menjadi ikatan rangkap C=C, kalau dikehedanki ikatan rangkap tiga, klik sekali lagi pada ikatan rangkap tadi, jika mau mengubahnya menjadi ikatan tunggal klik lagi sekali pada ikatan rangkap tiga tadi. Mudah, tinggal klik-klik saja.

cso

  1. membuat ikatan rangkap antara C=O, misal menggambarkan rumus struktur metanal (formaldehid) atau yang dikenal umum dengan formalin (H2CO). menggambar H2C=CH2 terlebih dahulu. Ikatan rangkap antara C=C ini akan bisa diubah menjadi ikatan rangkap C=O. Tinggal klik atom O pada menu samping, kemudian klik C pada rumus yang sudah terbuat di layar kerja untuk menstubtitusikan C dengan O. Hasilnya langsung terbentuk H2C=O dengan benar.

 css

  1. Agar rumus strukturnya terbentang, klik menu Tools >> Add Explicit Hydrogens atau langsung menggunakan shortcut Ctrl+Shit+Y.
  2. Untuk menampilkan bentuk 3D dari struktur 2D tadi buka 3D Viewer ChemSketch. Cara membuka 3D Viewer ChemSketch tekan tombol Alt+A+1. Tekan Alt+1 untuk ke ChemSketch 2D kemudian tekan Alt+2 untuk mengkopi struktur 2D menjadi struktur 3D. Agar strukturnya tidak asal muncul, lakukan 3D Optimization saat pada 3D Viewer caranya bisa menekan tombol keyboard Alt+T+D
  3. Untuk menampilkan struktur 3D berbagai model, klik saja toolbar wireframe, sticks, balls and sticks,spacefill, Dots Only, Disk, with Dots.